Globe

Globe

Laman

Tuesday 1 September 2015

KERAGAMAN BENTUK MUKA BUMI

Bentuk permukaan bumi sangat beraneka ragam, ada yang bergunung-gunung, ada yang landai, ada jurang, ada lembah dan beragam bentuk lainnya. Menurut para ahli, keragaman bentuk permukaan bumi disebabkan oleh dua kekuatan, yaitu Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen. Kedua tenaga ini menghasilkan rupa muka bumi yang beraneka ragam bentuknya baik di daratan maupun di dasar laut.

1.  Tenaga Endogen
Adalah tenaga pengubah bentuk muka bumi yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen bersumber dari magma yang bersifat membangun. Tenaga endogen merupakan kekuatan yang mendorong terjadinya pergerakan dan pergeseran kerak bumi, yang disebut diastropisme. Pergeseran kerak bumi akan menjadikan permukaan bumi berbentuk cembung, seperti gunung dan pegunungan serta berbentuk cekung, seperti laut dan danau.

Secara geologis, tenaga endogen meliputi :
a.    Tektonisme
Adalah perubahan letak lapisan kulit bumi secara horizontal maupun vertikal. Berdasarkan bentuknya proses tektonisme dibedakan atas patahan dan lipatan. Bentuk muka bumi dari bentuk patahan dan lipatan diantaranya sebagai berikut :
·      Pegunungan
·      Dataran tinggi
·      Plato
·      Depresi
·      Palung laut
·      Lubuk laut
·      Punggung laut
·      Ambang laut
·      Shelf

b.    Vulkanisme
Adalah segala kegiatan magma dari lapisan dalam litosfera yang bergerak ke lapisan yang lebih atas atau keluar ke permukaan bumi. Hasil dari proses vulkanisme yaitu berupa gunung dan berupa fenomena alam pasca vulkanik atau letusan.

c.    Seisme (gempa bumi)
Adalah sentakan yang terjadi pada lapisan litosfera yang bersumber dari lapisan litosfera bagian dalam. Alat untuk mencatat gempa disebut seismograf. Gempa bumi berdasarkan faktor penyebabnya dibedakan sebagai berikut :
·      Gempa tektonik
·      Gempa vulkanik
·      Gempa runtuhan
·      Gempa buatan

Pergerakan tenaga endogen mempunyai dampak positif maupun dampak negatif bagi kehidupan.

Dampak Positif
·      Kawasan tangkapan air hujan
Merupakan wilayah yang banyak menerima curah hujan dan mampu menyimpan serta mengeluarkannya pada musim kemarau ke daerah yang lebih rendah berupa air tanah. Contoh Kawasan Bogor dan Puncak Cianjur merupakan kawasan tangkapan air hujan bagi sumber air di Jakarta.
·      Sumber bahan tambang dan sumber daya mineral
Batu dan pasir di daerah lereng gunung berapi merupakan material yang dihasilkan oleh proses vulkanisme atau letusan gunung berapi.
·      Pusat tenaga listrik
Sebagai pusat tenaga listrik, yaitu melalui pembangkit listrik tenaga uap (panas bumi). Contohnya PLTU Paiton di Jawa Timur.
·      Tempat habitat berbagai jenis flora dan fauna
·      Tempat pariwisata dan laboratorium alam

Dampak Negatif
·     Letusan gunung berapi merupakan bencana bagi masyarakat sekitar karena dapat menghancurkan rumah dan membakar hutan yang ada di lereng gunung api tersebut.
·    Gempa bumi dapat menghancurkan bangunan, seperti perumahan, gedung, bendungan, jembatan dan lain sebagainya.
·     Tenaga endogen menghasilkan lereng-lereng yang curam sehingga erosi dan longsor lahan tingkat tinggi. Ini mengakibatkan ancaman bagi penduduk yang tinggal di sekitar lereng tersebut.

1 comment:

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar